Kamis, 03 Mei 2012

JENIS - JENIS RESIKO USAHA
  1. RESIKO PERUSAHAAN
          Resiko perusahaan adalah resiko yang terjadi pada usaha Anda yang akan berdampak pada kelangsungan  hidup atau saham perusahaan Anda.

      2. RESIKO KEUANGAN
          
          Resiko keuangan adalah resiko yang berdampak kerugian pada aspek keuangan perusahaan.

      3. RESIKO LIKUIDITAS (KETERSEDIAAN UANG TUNAI)

          Resiko likuiditas terjadi ketika ada tagihan macet dari pelanggan yang menyebabkan permasalahan dalam ketersediaan uang tunai perusahaan. Hal ini bisa berdampak pada kerugian tingkat suku bunga dan kesulitan dalam membayar gaji karyawan.

       4. RESIKO PERMODALAN

           Resiko permodalan adalah resiko yang terjadi karena kerugian penjualan, likuiditas, dan keuangan yang membuat modal usaha Anda mengalami penurunan yang signifikan (rugi besar). Hal ini harus segera diatasi dengan meneliti dan mengevaluasi faktor penyebabnya.

       5. RESIKO PASAR

           Resiko pasar, yaitu resiko yang terjadi akibat persaingan usaha, perubahan pola persaingan, daya hidup pelanggan, maupun munculnya pesaing baru yang potensial di pasar produk Anda. Dampak yang muncul adalah berkurangnya angka presentase pasar dan omzet penjualan.

      6. RESIKO OPERASIONAL

          Resiko operasional adalah resiko dari penyimpangan hasil yang diprediksikan karena tidak sempurnanya penerapan keputusan, perubahan sistem, SDM, teknologi, produktivitas, inovasi, proses, dan mutu produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar